Sedih Karena Tidak Bisa Melakukan Ibadah Karena Malas

0
212
Ilustrasi Sufi
Ilustrasi Sufi

Gmnucyberteam.com – Di dalam Kitab Al Hikam ke-87 karya Ibn Atha’illah Sekandary disebutkan bahwa Sedih Karena Tidak Bisa Melakukan Ibadah Karena Malas adalah tipu daya Syaitan.

اَلْحُزْنُ عَلَى فُقْدَانِ الطَّا عَةِ مَعَ عَدَمِ النُّهُو ضِ إِلَيْهَا مِنْ عَلَا مَاتِ الْإِغْيِرَارِ.

Artinya: “Sedih karena tidak dapat melakukan suatu amal ibadah, yang disertai oleh rasa malas untuk melakukannya, itu suatu tanda bahwa ia terpedaya (tertipu) oleh syaitan.”

Jika ketinggalan suatu amal kebaikan merasa sedih, tetapi bila mendapat kesempatan tidak segera melakukannya, maka itu suatu tanda telah dipermainkan oleh syaitan.

Bersabda Nabi saw : “Sesungguhnya Allah suka pada tiap hati yang selalu berduka cita.”

Abu Ali Addaqqad berkata : “Seorang yang menyesal, dapat menempuh jalan menuju kepada Allah dalam tempo satu bulan, apa yang tidak dapat ditempuh oleh orang yang tidak merasa menyesal (sedih) dalam beberapa tahun. Karena itu termasuk dalam sifat utama bagi Rasulullah saw selalu merasa berduka cita dan selalu berfikir.”

Rabi’ah Al Adawiyah mendengar seorang berkata : “Alangkah sedihnya”. Maka berkata : Ra’biah : “Katakanlah” : “Alangkah sedikitnya rasa sedih, sebab bila engkau benar benar merasa sedih, tidak berkesempatan untuk bersuka suka.”[ana]