Makna Jihad Sesungguhnya Adalah Membangun Bangsa

Gmnucyberteam.com – Perang hanyalah bagian kecil dari berjihad. Makna jihad sesungguhnya ialah membangun bangsa.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj Rabu (22/5/2019) di akun resmi @nahdlatululama.

Kiai Said melalui akun Twitter resmi di @nahdlatululama. Mejelaskan arti jihad sesungguhnya.

“Makna jihad menurut Islam bukan hanya perang. jihad itu artinya berjuang,” tulis akun @nahdlatululama.

Makna jihad bukan berarti harus berperang, pasalnya jihad bisa diartikan secara luas tidak hanya sebatas perang tapi bisa diartikan berjuang.

Berpuasa di bulan ramadhan juga bagian dari jihad, ummat muslim melaksanakan kewajiban berpuasa sebulan penuh, menahan lapar dan minum serta menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa juga merupakan jihad.

Cuitan @nahdlatululama itu berisi definisi makna jihad sebenarnya, ciutan itu dipublish beberapa jam setelah terjadinya kerusuhan hingga mengakibatkan 6 (enam) orang meninggal dunia Rabu (22/5) dini hari.

Selain itu, akun @nahdlatululama juga mempublish sebuah video rekaman suara Kiai Said yang menjelaskan makna jihad sebenarnya.

“Jihad itu apabila kita dapat membangun kebesaran bangsa ini dari segala bidang. Jika jihad itu diartikan dengan perang dan kalau memang terjadi, terpaksa mengangkat senjata. Maka Perang adalah bagian kecil dari jihad. Jihad secara keseluruhan(Kaffah) adalah membangun bangsa ini, maka ini sudah jihad,” kata kiai Said.

Lebih lanjut Kiai said menilai bahwa mencari nafkah untuk menghidupi anak-istri dan mencari ilmu juga merupakan bagian dari jihad. Sehingga, arti jihad tidak selalu diartikan dengan perang dan angkat senjata.

“Mencari uang untuk menafkahi anak-istri juga jihad. Cari ilmu (kuliah, sekolah, mengaji, belajar agama) juga termasuk jihad,” terang kiai said.

“Menolong atau membantu sesama, bail kerabat, tetangga yang mengalami kesusahan juga merupakan jihad,” Jelas Kiai Said Aqil Siradj.[darmuji]

Darmuji

Next Post

Ilmu yang menguntungkan adalah yang Disertai Rasa Takut Kepada Allah

Kam Mei 23 , 2019
Gmnucyberteam.com – Ilmu yang menguntungkan adalah yang Disertai Rasa Takut Kepada Allah. Didalam Kitab Alhikam Syaikh Ibnu Atha’illah Sekandary ke-245 dikatakan. الْعِلْمُ إِنْ قَا رَ نَتْهُ الْخَشْيَةُ فَلَكَ , وَإِ لَّا فَعَلَيْكَ . Artinya: “Ilmu itu jika disertai dengan rasa takut kepada Allah, maka itu yang menguntungkan bagimu, jika tidak […]
gmnu CT Logo brandsgmnu CT Logo brands

Follow Me