Jangan Merasa Gembira terhadap suatu Warid

Ilustrasi Sufi
Ilustrasi Sufi

Gmnucyberteam.com – Jangan merasa gembira terhadap suatu warid, hal ini dikatakan di dalam kitab Al Hikam 232 Syaikh Ibn Athaillah Sekandary.

لَا تُزَكِّيَنَّ وَارِدًا لَا تَعْلَمُ ثَمَرَ تَهُ , فَلَيْسَ الْمُرَادُ مِنَ السَّحَا بَةِ الْإِمْطَا رَ , وَإِ نَّمَا الْمُرَادُ مِنْهَا وُجُوْدُ الْأَثْمَا رِ .

Artinya: “Jangan membanggakan (gembira) terhadap suatu warid (yakni kecondongan hati untuk berbuat taat) yang belum engkau ketahui buahnya, sebab bukan yang diharapkan dari awan itu sekedar hujan, tetapi tujuan utamanya ialah adanya buah dari pohon pohonan.”

Contohnya amal ibadah shalat, jangan keburu merasa bangga dan gembira, karena sudah dapat sembahyang, selama belum merasakan buah sembahyang sebagaimana yang tersebut dalam ayat. “Sesungguhnya shalat itu dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.”

Ini buahnya shalat, maka selama belum mendapat buat yang demikian, jangan merasa bangga atau gembira, tetapi disamping itu jangan putus harapan untuk diterimanya meskipun belu berhasil segera buahnya.[darmuji]


Penulis : darmuji
Editor : hasan
Avatar
About darmuji 25 Articles
Penulis