Isi Kultum, Kapolres Cilacap Berpesan untuk Waspadai Kelompok Radikal

Kapolres Cilacap Isi Kultum
Kapolres Cilacap Isi Kultum

Cilacap – Kapolres Cilacap, Polda Jawa Tengah AKBP Djoko Julianto S.I.K MH mengingatkan untuk Mewaspadai Aliran Keagaaman yang menggunakan kekerasan dengan mengatas namakan agama seperti kelompok kelompok radikal dan intoleransi.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Cilacap pada saat mengisi Kuliah Tujuh Menit (Kultum) di Masjid Agung Darusalam kepada jama’ah usai melaksanakan sholawat tarawih Kamis (9/5/209).

Beliau, AKBP Djoko Julianto S.I.K MH Dalam materi kultum menjelaskan tentang keutamaan ibadah puasa di bulan romadhon. Bahwa puasa adalah sebagai jalan menuju taqwa seperti yang disebutkan dalam surat Al Baqarah 183 bahwa puasa diwajibkan pada orang yang beriman agar bertaqwa.

“Hikmah puasa adalah mengendalikan hawa nafsu dan menjaga kesucian diri antara lain dengan cara melatih kejujuran, kesabaran diri, saling kasih mengasihi serta saling tolong menolong terhadap sesama serta dapat menyehatkan tubuh” ucap Kapolres.

Lebih lanjut, Ia juga mengungkapkan tentang keutamaan dan pahala puasa. Ia menilai bahwasanya keutamaan dan pahala puasa sangatlah besar.

“Bahwasanya pahala puasa, Allah yang akan langsung memberikan nya dengan melipat gandakan bagi orang yang berpuasa dengan tanpa batas,” Kata Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto.

Dalam hal ini, Kapolres juga mengingatkan kepada para jamaah agar mewaspadai ajaran kekerasan yang mengatas namakan agama seperti kelompok kelompok radikal dan intoleransi yang membuat masyarakat menjadi saling curiga saling membenci pada orang lain hanya karena berbeda agama dan keyakinan.

“Kelompok radikal dan teroris justru mengartikan jihad sebagai perang untuk memusuhi pihak yang bersebrangan dan memerangi orang yang beda agama yang dianggap sebagai kebenaran, padahal Islam melarang saling benci saling memfitnah dan mengadu domba dan saling membunuh” Ucap Kapolres

“Karena Agama Islam adalah agama yang mengusung rahmatan lil alamin,” Lanjut Kapolres.

Diakhir kultumnya Kapolres mengajak kepada para jamaah untuk tetap menjalin persatuan baik sesama umat beragama maupun antar umat beragama agar NKRI tetap utuh dan jauh dari perpecahan.[red]


Penulis : redaksi
Editor : hasan
Avatar
About redaksi 45 Articles
Tim Penulis