Demi Keutuhan NKRI, Ulama Cilacap Berikan 7 Maklumat

0
653
7 Maklumat Ulama Cilacap
7 Maklumat Ulama Cilacap

Cilacap, Gmnucyberteam.com – Ratusan para ulama se’Kabupaten Cilacap yang terdiri dari para Kiai, Pengasuh Pondok Pesantren, Habaib, mengeluarkan tujuh maklumat untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Senin, (20/05) malam.

Hal ini dilakukan terkait pengumuman dan penetapan hasil Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan para ulama se kabupaten Cilacap secara tegas menolak aksi People Power.

Pegiat kerukunan umat beragama (FKUB) Cilacap, Taufik Hidayatulah Menjelaskan, tujuh (7) maklumat itu adalah hasil multaqo atau pertemuan para ulama, pimpinan pondok pesantren, habaib dan cendekiawan muslim se-Kabupaten Cilacap.

“Ketujuh maklumat itu antara lain, menyerukan untuk mempererat silaturahmi antar sesama anak bangsa, mengokohkan ukhuwah islamiyah, wathoniyah, dan basyariyah, serta jangan terpancing pemaksaan kehendak,” Ucapnya.

Lebih lanjut, Ia juga menambahkan Agar masyarakat jangan sampai terprovokasi, baik ajakan, bujukan maupun paksaan, dalam isu people power.

“Karena people power, itu dalam konteks agama, bisa dimaknai sebagai bughot(Pemberontak), atau musuh negara,” Lanjut Taufik.

Di item ke-6(Enam), ada dukungan kepada TNI dan Polri untuk melakukan berbagai hal (yang diperlukan) demi menjaga NKRI.

“Kami menghimbau agar masyarakat jangan terprovokasi oleh isu-isu negatif yang dilontarkan oleh berbagai kalangan, yang bertujuan untuk mengadu domba,” imbuhnya.

Selain itu, Taufik Hidayatulah menyampaikan bahwa para ulama Cilacap juga meminta kepada aparat Kepolisian dan TNI, untuk melakukan tindakan konstitusional yang diperlukan.

“Karena hal ini sudah sesuai dengan tugas dan wewenangnya, yakni untuk menjaga utuhnya NKRI, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika, serta Undang-Undang Dasar ’45,” Jelas pegiat kerukunan umat beragama Taufik Hidayatullah di Cilacap, Jawa Tengah.[red]