Apa itu Lailah Al-Qadar

Bogor, Gmnucyberteam.com – Pertanyaan mengenai Malam Lailatul Qadar yang ditulis oleh K.H. Ali M. Abidallah. M.A. di akun Facebook Pribadi Minggu, (26/6) langsung dijawab oleh Beliau.

Bahasan Malam Lailatul Qadar yang K.H. Ali M. Abdillah tulis yakni melalui tafsir al-Jailany. Bahwasanya Lailatul Qadar adalah malam turunnya keputusan langit yang dibawa oleh para malaikat untuk penduduk di muka bumi.

“Dalam tafsir al-Jailany dijelaskan, lailah al-qadar yaitu malam turunnya keputusan langit yg dibawa oleh para malaikat utk penduduk di muka bumi.

Keputusan dalam lailah al-qadar merupakan sbg tajalli dari ketetapan pada lauh al-qada’ (lauh al-mahfudz) yg bersifat azali.

Karena itu, sbg ciri utama org yg mendapat lailah al-qadar memiliki sikap taslim (berserah diri pada Allah) dan tafwidh (menyerahkan segala urusannya kpd Allah dan menerima apapun keputusannya).

Jadi, dalam terminologi Jawa orang yang bisa legowo (bersikap lapang dada menerima ketetapan Allah) dan semeleh (bisa mengalir mengikuti kehendak Allah dalam hidupnya ) sebagai ciri orang yang memperoleh lailah al-qadar.”

tulis K.H Ali M. Abdillah M.A.[redaksi]

K.H. Ali M. Abdillah merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Rabbani Islamic College Cikeas Bogor

Redaksi Gmnucyberteam.com

Next Post

Kajian Al Hikam ke-21

Ming Mei 26 , 2019
Gmnucyberteam.com – Kajian Kitab Al Hikam ke-21 Syaikh Ibnu Athaillah Sekandary. كَيْفَ يَتَصَوَّرُأَنْ يَحْجُبَهُ شَيْ ءٌ وَهُوَ أَظْهَرُمِنْ كُلِّ شَيْءٍ؟ “Bagaimana dapat dibayangkan bahwa Allah dapat dihijab oleh sesuatu, padahal Dia lebih tampak jelas dari segala sesuatu (adharo min kulli syai’in).” [Ana]
gmnu CT Logo brandsgmnu CT Logo brands

Follow Me