Antara Ustaz Abdul Somad dan Romo Boni

foto romo boni kiri abdul somad kanan

Gmnucyberteam.com — ANTARA SOMAD DAN ROMO BONI.

“Asyhadu Allaa Ilaaha illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rosulullah…”

Begitulah Romo Boni membisikkan kalimat syahadat di telinga pasien di rumah sakit Purwokerto. Pasien yang sedang sekarat itu seorang muslim, sedangkan Romo Boni Fausius Abbas ini adalah seorang Pastor di Gereja Santa Theresia, Cilacap.

Sontak pengakuan Romo Boni ini menggegerkan publik terutama dari penganut agama Kristen terkhusus Katolik yang menganggap apa yang dilakukan Romo Boni itu bertentangan dengan keimanan mereka.

Romo Boni sebagai seorang Pastor tentu lebih paham agama daripada mereka yang protes itu. “Saya hanya ingin ia tetap berada dalam keimanannya .” Katanya.

Saat itu tidak ada seorang pun yang muslim saat sang pasien sekarat. Dan Romo Boni bisa saja menggunakan waktu yang sempit itu untuk mengajak sang pasien mengikuti keyakinannya. Tetapi tidak. Dengan berani ia menentang arus besar pendapat yang menyerangnya atas nama toleransi.

Ketika membaca berita itu di bulan Mei, kantung mata saya berasa berat. Romo Boni dengan sangat tepat menggambarkan “ajaran Kasih” dari agama yang diyakininya. Kata Kasih dalam mata Romo Boni bukan hanya manis dibibir saja, tetapi ia lakukan dengan ketulusan yang sangat mulia.

Somad, yang disebut Ustad oleh ribuan pengikutnya, melakukan hal yang berbeda.

Dengan mengusung ajaran Rahmatan Lil Alamin, atau rahmat bagi semesta alam, ia malah mengejek-ejek simbol keyakinan agama Romo Boni yang telah menolong seorang muslim yang sekarat untuk tetap berada dalam keyakinannya.

Padahal secara pendidikan agama, Somad juga bukan orang bodoh. Ia lulusan S2 di Maroko, tetapi dengan sangat meyakinkan ia melewati sepotong ayat dalam surat Al-An’am ayat 108, tentang larangan memaki keyakinan orang lain.

Dan karena ketidakmampuannya menjaga lidahnya, ia dikabarkan kabur ke Sudan dengan alasan kuliah. Mirip-mirip alasan kabur Rizieq Shihab dan Bahtiar Nasir yang terkena perkara hukum, tetapi dengan alasan umroh.

Apa perbedaan mendasar dari Somad dan Romo Boni ?

Romo Boni sebagai seorang Pastor tidak perlu berbuat untuk menyenangkan pengikutnya. Ia berbuat sesuai dengan keilmuan dan keyakinannya dan dengan itu ia rela dicaci maki oleh para pengikut agama yang sama dengannya, meski kadar keilmuan mereka lebih rendah dari dirinya.

Sedangkan Somad harus terus menerus menyenangkan pasarnya, supaya mereka tidak kabur dan terus mengundangnya, karena disanalah periuk ekonominya.

Itulah kenapa saya menulis dengan tetap memakai gelar Romo pada seorang Romo Boni dan menghilangkan kata Ustad pada Somad.

Karena saya paham, mana yang pemuka agama dan mana yang seorang entertainer belaka.

Berbahagialah mereka yang memiliki pembimbing yang benar dalam menyusuri kebenaran keyakinannya..

Seruput kopinya..

Denny Siregar


Penulis : redaksi
Editor : hasan
Avatar
About redaksi 45 Articles
Tim Penulis